Wednesday, January 9, 2019

Materi II: Jenis-Jenis Rangkaian Bunga

Di setiap negara memiliki ciri khas rangkaian bunga masing-masing. Namun, secara umum ada 3 gaya merangkai bunga, yaitu:
1. Gaya Eropa (Klasik)
Gaya Eropa terbagai menjadi beberapa bentuk rangkaian; bentuk garis atau mendatar, diagonal, tegak lurus, segitiga simetris, segitiga asimetris, bentuk bulat/ bulat penuh, setengah bulat/bulan sabit (half moon), bentuk L, T terbalik dan S.







2. Gaya Jepang (Ikebana)
Rangkaian bunga gaya Jepang sangat terkenal karena bentuknya yang sederhana, tetapi tetap memikat orang yang memandangnya. Saat sekarang sudah meningkat pesat dengan berbagai aliran-aliran merangkai bunga Ikebana. Namun, prinsip dari rangkaian bunga gaya Jepang yang harus diperhatikan adalah adanya tiga tangkai utama yaitu Shin (melambangkan bumi), Shu (melambangkan makhluk), dan Hikae (melambangkan langit).





3. Gaya Indonesia
Rangkaian bunga gaya Indonesia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gaya-gaya yang ada. Pengaruh yang kuat karena Eropa dan Jepang pernah menjajah Indonesia setidaknya memberi nuansa baru bagi rangkaian bunga. Rangkaian bunga di Indonesia umumnya didominasi oleh rangkaian bunga melati dan rangkaian janur, sehingga kekhasan inilah yang membedakan rangkaian bunga gaya Indonesia dengan gaya Eropa dan Jepang.



 
Share:

0 comments:

Post a Comment