Wednesday, January 9, 2019

Materi I: Belajar Merangkai Bunga



Apa itu merangkai bunga???

Merangkai bunga adalah seni mengorganisasikan elemen desain pada bahan tanaman, wadah (vas) dan aksesoris lainnya sesuai dengan prinsip desain.
Seni merangkai bunga ini telah lama dikenal oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Semua negara mengenal seni merangkai bunga, baik yang sifatnya universal ataupun khusus, seperti seni Ikebana, yaitu seni merangkai bunga khas dari negara Jepang. 

Seni Ikebana


Demikian pula hal nya dengan seni merangkai bunga di Indonesia dan di Inggris, yang lebih banyak bersifat universal atau international flower arrangements. Karena dengan seni merangkai bunga ini pula tercipta banyak sekali macam dan bentuk bunga serta arti yang terkandung. Rangkaian bunga ini biasanya digunakan dalam berbagai acara dan kesempatan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan hati, apakah itu perasaan gembira, sedih, syukur atau bahagia.menganut sifat universal atau
Demikian pula hal nya dengan seni merangkai bunga di Indonesia dan di Inggris, yang lebih banyak bersifat universal atau international flower arrangements. Karena dengan seni merangkai bunga ini pula tercipta banyak sekali macam dan bentuk bunga serta arti yang terkandung. Rangkaian bunga ini biasanya digunakan dalam berbagai acara dan kesempatan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan hati, apakah itu perasaan gembira, sedih, syukur atau bahagia.



Sejarah merangkai bunga. . .

Setelah kejatuhan Kekaisaran Romawi Barat dan sebelum Masa Renaisance, seni merangkai bunga belum terlalu populer. Barulah pada abad 13 atau periode Gothic, rangkaian bunga mulai dikenal. Bunga, daun dan buah digunakan sebagai penghias gereja katedral. Tidak hanya itu, malahan banyak lukisan, manuskrip dan pita abad 14 dan 15 yang dihiasi vas bunga tinggi berisikan setangkai bunga yang indah.
Awal masa Renaisance (1400 - 1600) barulah semua seni merangkai bunga berkembang pesat. Lantai dan tepi jendela dihiasi rangkaian bunga yang tinggi dalam sebuah vas besar dan sejak itu pula rangkaian bunga yang longgar serta buket bunga kecil yang rapat mulai dikenal. 


Fungsi dan Tujuan dari Merangkai Bunga
  1. Melambangkan sebuah ungkapan berupa terima kasih, berduka cita dan perayaan
  2. Menunjukkan tema acara
  3. Mempercantik ruangan dan meja makan 


Terdapat prinsip-prinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam merangkai bunga agar dihasilkan rangkaian bunga yang menarik.

1.Komposisi, arti komposisi dalam merangkai bunga adalah perpaduan dari semua elemen-elemen berdasarkan prinsip dasar desain, untuk mencapai suatu hasil akhir dari rancangan (desaign) yang diinginkan. Hasil akhir dari desain rangkaian bunga yang baik adalah memiliki komposisi yang mengandung semua prinsip desain dan unsur desain.
Tips untuk mendapatkan komposisi yang baik:
- Lihat lokasi penempatan rangkaian
- Buat sketsa
- Pilihlah bunga yang segar dan aksesoris yang cocok
- Masukan semua prinsip dasar desain dan semua unsur dasar desain ke dalam rangkaian



2. Kesatuan (Unity), arti kesatuan dalam rangkaian bunga adalah penyatuan dari seluruh unsur dan elemen materi pada rangkaian sehingga menjadi satu kesatuan yang harmonis. Kesatuan tersebut dapat diperoleh dari komposisi warna. Ada kesatuan antara bunga dengan wadah yang dipakai, misalnya warna wadah senada dengan warna bunga. Misalnya dalam suatu rangkaian, bagian atas menggunakan bunga warna merah, dibagian lain dapat digunakan bunga yang berbeda jenisnya tapi warnanya sama (merah).


3. Proporsi (Proportion), arti proporsi dalam rangkaian bunga adalah keserasian ukuran panjang dan besar bahan rangkaian. Keserasian ukuran panjang-pendeknya dan besar-kecilnya bahan sangat menentukan keindahan rangkaian bunga yang dibuat.

 









Share:

0 comments:

Post a Comment